Senin, 27 Mei 2013

Beberapa Film Hollywood itu Propagandist?

Plend2 semua sudah nonton film iron man 1,2 dan 3?

Iron man 1 dan 3 yang seingat saya film ini memiliki unsur propagandis, sekilas memang mengasikkan mata memandang, keren sehingga membuat imajinasi kita melanglang buana, barangkali di antara kita ada yang berkhayal ingin seperti Tony Stark? Iya barangkali. 


Film dengan kecanggihan fiksi, audiovisual, dan gambar yang waaahh serta kecanggihan teknologi gadget dan robotic-nya. Tapi kenapa mesti pihak produsen film ini mengkaitkan persenjataan robot ciptaan Tony Stark dengan persenjataan di timur tengah, mencampuri kehidupan warga sipil pakistan? apakah lagi- lagi amerika mau unjuk gigi, merasa dan supaya kita mengatakan amerika itu negara adidaya dengan pengadaan film tersebut? 


Bukan hanya pada film ini, ada banyak sederetan film yang menampilkan peperangan timur tengah di ikut campuri dengan tentara U.S.A (FBI dan CIA) seperti yang dibintangi artis hollywood seperti Van Dam dalam film The Hard Corps, Sylvester Stallone pada film Rambo, Arnold Swatzcheneger pada film True Lies, Leonardo de Caprio dalam film Body of Lies, Eric Bana dalam film Black Hawk Down dan Jomie Foxx dalam film The Kingdom.

Anggapan penulis ada dua opsi kemungkinan :

1. Mungkin anggapan mereka (U.S.A) campur- tangan dengan kehidupan warga sipil/ tentara timur tengah di dalam film, supaya kita beranggapan U.S.A pencipta perdamaian dunia, atau

2. Sekedar unjuk gigi bahwa mereka lah negara adidaya, Negara yang pantas disegani oleh semua Negara,  melalui tayangan film kita dibuat terkagum- kagum dengan persenjataan mereka, dan itu juga terjadi di dalam kehidupan nyata.

Imajinasi orang U.S.A itu sangat tinggi sehingga berkhayal di luar jangkauan akal, menciptakan super hero -superman, batman, spiderman, capten amerika, cat woman, robin, termasuk juga iron man - yang dapat menjaga keamanan warga amerika. padahal pada dalam kehidupan nyata adakah superhero mereka?

Semoga kita semua tidak dibutakan, tidak ditulikan dengan upaya kafir U.S.A dalam berbagai cara mempengaruhi setiap sendi kehidupan kita. Fa’tabiruu ya Ulil Abshoor, Wallahu A’lam bishshowab, wassalam ‘alaykum.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar