Minggu, 21 Juli 2013

Ada Rasa yang Tak Biasa di Warung Bakso Mbak Nurul


         Suatu hari aku diajak paman jalan- jalan sore sehabis ashar, menikmati semilir angin berhembus sayup, melewati pematang sawah padi hijau yang pelan- pelan menguning, menyeberangi titi yang masih dalam tahap renovasi. Walaupun sedikit takut karena agak goyang, so tidak menghentikan putaran roda kendaraan kami menuju perkotaan. Yah,, kereta (sepeda motor- red) butut Astrea Grand ’94 yang terkadang batuk- batuk di bagian knalpotnya tetapi tetap layak pakai dan bisa di uji kemampuan kecepatannya. Sedikit unik bukan? Yah iya lah.. kereta siapa dulu gitu loh… kereta milik orang tua sih.. hehe..
                                                          **********
            Pemandangan bermacam- ragam, datang mendekat melintas pergi menjauh dari mata kami, ngobrol- ngobrol ringan tak ketinggalan selama diperjalanan, gelak- tawapun melengkapi obrolan ringan kami. Setelah jenuh berkeliling kamipun singgah disebuah warung bakso, yakni Warung Bakso “Mbak Nurul” namanya terletak di jl. sekip, tak jauh dari tempat tinggal kami yang hanya berjarak 3 kali persimpangan saja.

            Oh iya hampir lupa, paman ku itu bernama Nawi. Papah Nawi sebutan akrabnya karena dia seorang tua berumur hampir setengah abad yang suka dengan anak- anak, dalam artian ramah terhadap anak- anak, makanya dia dipanggil papah oleh anak- anak yang mengenalinya, “yah.. termasuk aku walaupun dia paman ku, ku panggil dengan sebutan papah”.. Dia seorang Perwira TNI-AD KODAM I/BB, meskipun dia prajurit Negara yang anggapan orang tentara itu galak, gersang, bringas. Siapa bilang? Tapi tentara yang satu ini, bila ngobrol dengannya ada- ada saja bahan guyonannya yang bisa mengocok perut.

            So, back to cerita bakso tadi, lalu papah Nawi pun memanggil salah- satu pelayan bakso:
Papah Nawi     : “ Mas, Mie Ayam Bakso satu, Mandi (Manis Dingin) satu” gantung papah Nawi. “Kamu makan dan minum apa Fen?”. Lanjutnya.
Aku              : “Sama dech pah”. Jawab ku.
Papah              : “Mas, Mie ayam bakso 2, Mandi 2 yah..”. Jelas Papah Nawi
Pelayan            : Ok Pak, itu saja pak? Tanya Pelayan.
Papah               : “Iyo mas“. Jawab Papah Nawi.

           Tak lama kemudian dari perkiraan kami menunggu, walau pembeli dan penikmat bakso disekitar kami cukup banyak tetapi pelayanannya lumayan bagus dan cepat. Makanan yang kami tunggu-tunggu pun dari kejauhan aromanya sudah memanggil- manggil dan menarik- narik hidung kami dengan aroma khas ABS (asli daging sapi) tiba dihadapan kami. Namun bukan hanya itu saja, ternyata sedari tadi saya tidak terlalu memperhatikan orang yang membawa makanan tersebut ke meja kami adalah seorang gadis muda berparas cantik yang berumur sekitar 19 tahun, tinggi sekitar 145 cm, yaaach 10 centi lebih pendek dari ku,, (hihihii, ternyata aku pendek juga ya). Senyumannya bisa dibilang biasa saja, tapi ketika mata ini memandang agak lama ternyata menawan juga hingga membuat jantungku kempat- kempot tak menentu. Namun cepat- cepat ku netral dan menganggap itu, aaah siapa peduli.
                                                         **********
Perlahan tapi pasti, yah itu lah yang terjadi, memang nyantai kami melahap makanan tapi habis juga, sampai keringpun kuahnya.. hehe.. obrolan ringanpun kembali kami lanjutkan.
Papah          : "sodap kan bah ? sampek beguyang lidah tu yo bah.. ? ". (red- bhs. melayu)
Aku              : "bukan lagi beguyang, beguncang cetar membahana bagai badaaaiii menggelegar.. (lebay euy)..
Papah           : Alah, nyamir.. nyamirr.. kau semuo masuk kalo udah lapar..
Aku               : hahahahahaha...

            Makanan sudah habis, struk pembayaran pun sudah ditangan pertanda makanan dan minuman sudah dibayar oleh papah, lalu kami pun pulang dengan membawa perasaan yang agak aneh ku rasa saat itu, perasaan yang sudah lama tak pernah ku rasakan lagi kini kembali ku rasakan, apa karena setelah melihat gadis muda itu tadi atau, ah entah lah yang penting aku bahagia dengan membawa rasa yang tak biasa.
         

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar