RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH :
MIN BAH SULUNG
KELAS/ SEMESTER :
6 (enam)/ 1 (satu)
MATA PELAJARAN :
QUR’AN HADITS
ALOKASI WAKTU :
6 X 35 Menit
A. STANDAR KOMPETENSI
Menghafal surah pendek secara benar dan
fasih
B. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Membaca surah Ad- Dhuha secara benar
dan fasih
1.2 Menghafal surah Ad- Dhuha secara benar
dan fasih
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Siswa dapat melafazkan surah Ad- Dhuha secara benar dan fasih
·
Siswa dapat menghafal surah Ad- Dhuha secara benar dan fasih
·
Siswa dapat menerjemahkan surah Ad- Dhuha secara baik dan benar
Karakter siswa yang diharapkan:
Disiplin (discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung Jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerjasama (cooperation)
Toleransi (tolerance)
Percaya Diri (confidence))
Keberanian (bravery)
II. MATERI
POKOK
·
Lafaz surah Ad- Dhuha
·
Menerjemahkan surah Ad- Dhuha
·
Kandungan surah Ad- Dhuha
III. METODE
PEMBELAJARAN
·
Informasi
·
Diskusi
·
Tanya Jawab
·
Demonstrasi
·
Pemberian Tugas
IV. LANGKAH-
LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
Eksplorasi
·
Mengisi daftar kelas, berdo’a dan mempersiapkan materi ajar
·
Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat
b. Kegiatan Inti
Minggu I
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
Q. H
·
Guru memberikan tes lisan kepada siswa agar melafazkan surah Ad- Dhuha
·
Guru memintakan kepada siswa agar mengahafal surah Ad- Dhuha
·
Guru memintakan kepada siswa agar menerjemahkan surah Ad- Dhuha
·
Guru menjelaskan isi kandungan surah Ad- Dhuha
Minggu II
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
·
Guru memintakan kepada siswa agar melafazkan secara keseluruhan,
menghafal dan melafazkan satu- satu kedepan surah Ad- Dhuha
·
Guru memberitahukan waktu afdholnya membaca surah Ad- Dhuha
·
Guru menjelaskan hikmah mengamalkan surah Ad- Dhuha
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan akhir guru:
·
Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
·
Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru sekitar materi yang belum
dipahami
·
Siswa mengerjakan tugas- tugas yang diberikan guru
·
Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
·
Guru menyimpulkan materi yang diajarkan
V. ALAT
dan SUMBER BELAJAR
Sumber belajar :
·
Buku Paket (Qur’an Hadits)
·
Al- Qur’an Terjemah
·
Poster/ Kaligrafi
VI. PENILAIAN
Sebelum dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
·
Membaca surah Ad- Dhuha secara benar dan fasih
·
Menjelaskan hikmah mengamalkan surah Ad- Dhuha
·
Menjelaskan isi kandungan surah Ad- Dhuha
|
·
Tes lisan
·
Tes tertulis
|
·
Uraian
·
Isian
|
·
Bacakan surah Ad- Dhuha secara benar dan fasih
·
Jelaskan hikmah mengamalkan surah Ad- Dhuha
·
Jelaskan isi kandungan surah Ad- Dhuha
|
1. Produk (hasil diskusi)
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Nilai
|
|
|
|
|
2. Performansi
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Nilai
|
1
2
|
Kerjasama
Partisipasi
|
·
Bekerjasama
·
Kadang bekerjasama
·
Tidak bekerjasama
·
Aktif berpartisipasi
·
Kadang- kadang berpartisipasi
·
Tidak berpartisipasi
|
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Nilai= (Jumlah skor: jumlah skor maksimal) X 10
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
GINDA, S. Ag MUHAMMAD AZWAR E A
NIP. 19701015 199703 1 003