RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH :
MIN BAH SULUNG
KELAS/ SEMESTER :
5 (lima)/ 1 (satu)
MATA PELAJARAN :
AKIDAH AKHLAK
ALOKASI WAKTU :
6 X 35 Menit
A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami kalimat Tayibah (takbir) dan
Asmaul Husna
B. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mengenal Allah melalui kalimat Tayibah
(Allahu Akbar)
1.2 Mengenal Allah melalui sifat- sifat
Allah yang terkandung dalam Asmaul Husna
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Siswa dapat melafazkan secara baik dan benar kalimat tayibah
·
Siswa dapat menjelaskan macam- macam kalimat tayibah
·
Siswa dapat menjelaskan sifat- sifat Allah yang terkandung dalam asmaul
husna
Karakter siswa yang diharapkan:
Disiplin (discipline)
Tekun (diligence)
Tanggung Jawab (responsibility)
Ketelitian (carefulness)
Kerjasama (cooperation)
Toleransi (tolerance)
Percaya Diri (confidence)
Keberanian (bravery)
II. MATERI
POKOK
·
Kalimat Tayibah 1
·
Asmaul Husna 1
·
Ar- Razaq
·
Al- Fattah
·
Asy- Syakur
·
Al- Mughniy
III. METODE
PEMBELAJARAN
·
Informasi
·
Diskusi
·
Tanya Jawab
·
Demonstrasi
·
Pemberian Tugas
IV. LANGKAH-
LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
Eksplorasi
·
Mengisi daftar kelas, berdo’a dan mempersiapkan materi ajar
·
Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat
b. Kegiatan Inti
Minggu I
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
A.A
·
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang mengetahui lafaz tayibah
·
Guru menjelaskan hikmah takbir dan melafazkan dalam kehidupan sehari-
hari
·
Guru menjelaskan substansi dari kalimat tayibah dan asmaul husna
·
Guru menjelaskan akibat dari tidak mengucapkan kalimat tayibah dan asmaul
husna
Minggu II
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
·
Guru memberikan illustrasi dari hikmah mengucapkan lafaz tayibah dan
asmaul husna
·
Guru memintakan kepada siswa agar melafazkan, menghafal dan melafazkan
satu- satu kedepan kalimat tayibah dan asmaul husna
·
Guru memberikan tugas berupa membuat kaligrafi kalimat tayibah dan
asmaul husna
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan akhir guru:
·
Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
·
Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru sekitar materi yang belum
dipahami
·
Siswa mengerjakan tugas- tugas yang diberikan guru
·
Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
·
Guru menyimpulkan materi yang diajarkan
V. ALAT
dan SUMBER BELAJAR
Sumber belajar :
·
Buku Akidah Akhlak
·
Poster
·
Al- Qur’an Terjemah
·
Lingkungan Sekitar
VI. PENILAIAN
Sebelum dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
·
Menjelaskan kalimat Tayibah dan Asmaul Husna
·
Menjelaskan hikmah dari melafazkan kalimat Tayibah dan Asmaul Husna
·
Menjelaskan substansi kalimat Tayibah dan Asmaul Husna
|
·
Tes lisan
·
Tes tertulis
|
·
Uraian
·
Isian
|
·
Jelaskan kalimat Tayibah dan Asmaul Husna
·
Jelaskan hikmah dari melafazkan kalimat Tayibah dan Asmaul Husna
·
Jelaskan substansi kalimat Tayibah dan Asmaul Husna
|
1. Produk (hasil diskusi)
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Nilai
|
2. Performansi
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Nilai
|
1
2
|
Kerjasama
Partisipasi
|
·
Bekerjasama
·
Kadang bekerjasama
·
Tidak bekerjasama
·
Aktif berpartisipasi
·
Kadang- kadang berpartisipasi
·
Tidak berpartisipasi
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
Catatan:
Nilai= (Jumlah skor: jumlah skor maksimal) X 10
Diketahui
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
GINDA, S. Ag MUHAMMAD AZWAR E.A
NIP. 19701015 199703 1 003