Kamis, 02 November 2023

Resensi Muhammad Fadhli Azmi

Pendidikan Agama pada Remaja

Oleh: Tika Rizkinda Nasution

Harga: Rp70.000,-

Ukuran: 14x20 cm

Tebal: 149 hlm

Terbit: April 2023

Penerbit: Dd Publishing 


Buku ini mengungkap kasus sosial dan kenakalan pada remaja yang menjadi momok di lingkungan masyarakat. Uniknya, buku ini mengonversi tulisan berjenis penelitian ke dalam buku yang layak dibaca khalayak ramai, khususnya orang tua yang memiliki anak remaja di rumahnya. Berbagai fakta dan data dari masyarakat bahkan korban terhimpun dalam buku bergenre edukasi remaja ini, dan dikemas dengan konsep pendidikan Islam, pendidikan agama dan pendidikan akhlak.

Dewasa ini, dunia telah mengalami perkembangan globalisasi yang sangat pesat. Eksistensi globalisasi memberikan efek positif dan negatif bagi masyarakat dunia, khususnya dunia remaja. Remaja ialah kalangan yang labil. Pengaruh globalisasi menjadi tantangan bagi para orang tua untuk gigih memberikan bimbingan dan pendidikan agama bagi anaknya yang telah beranjak dari masa kanak-kanak. Pengaruh negatif globalisasi justru kerap kali diserap oleh kaum remaja yang menyebabkan dekadensi moral. 

Masa remaja merupakan masa kritis bagi anak, di mana gejolak jiwa yang membara memberikan rasa ingin tahu yang tinggi. Apabila anak tidak dibekali dengan ilmu agama yang cukup, maka mereka akan terjebak dengan kenakalan remaja yang telah menjamur di mana pun. Maraknya kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang, minuman keras, perjudian, pencurian hingga perampokan; ialah perilaku-perilaku yang diakibatkan oleh minimnya kontrol dan perhatian kedua orang tua. Oleh sebab itu, keberadaan orang tua untuk memberikan bimbingan rohani dan akhlak sangat diperlukan bagi anak. 

Problematika ini seyogyanya dapat diatasi oleh orang tua dengan menetapkan aturan yang berbasis nilai-nilai religius. Aturan tersebut perlu digaungkan di dalam kehidupan keluarga. Kedua orang tua sebagai model yang ditiru oleh anak-anaknya. Keberhasilan pendidikan agama yang diaplikasikan orang tua berawal dari ayah dan ibu sebagai cerminan akhlāqul karīmah bagi anak. Over all, buku ini sangat direkomendasi sebagai rujukan cara mendidik remaja yang agamis dan beretika di era gempuran teknologi ini. Selamat membaca!


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar