Rabu, 02 Juni 2021

Arti Nama Tażkirah Aulia Azwar


Nama sangat berarti dan menentukan, nama adalah doa, doa orang tua sepanjang hayat dan terus melekat hingga hari akhir kelak. Sebagaimana sabda Nabi s.a.w. yang diriwayatkan oleh Abu Dawud yang artinya, “Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kalian dan nama bapak kalian. Maka baguskan lah nama-nama kalian”.

            Muslim yang taat adalah yang mengikuti apa yang disampaikan oleh Rasulnya, maka atas dasar itu, aku menamakan anak ku dengan nama yang baik lagi berarti, anak pertama ku beri nama dari sebuah nama kitab Tasawuf حديقة الاولياء karangan Syeikh Tajuddīn Naufal yang terbit di kisaran tahun 1986 oleh penerbit  Dār Ibn Zaidūn. Saat beberapa hari setelah kelahiran anak kedua ku, nama yang ku berikan pun ku ambil dari nama kitab Tasawuf yakniتذكرة الاولياء  karangan Syeikh Farīduddīn ‘Aṭṭār yang diterbitkan oleh Dār Kitāb ‘Ilmiyah, Libanon.

تذكرة الاولياء   artinya Nasehat Para Wali.  Secara filosofis, aku berharap putri kedua ku kelak dapat menjadi waliyullah, dapat memberi nasehat dan petuah kepada siapa pun tak luput kepada dirinya sendiri. Tempat orang bertanya dan meminta nasehat serta petuah. Siapa saja yang bergaul, berteman, dan bercengkrama dengannya dapat memperoleh kebaikan dari kalam-kalam yang ia tuturkan, kalam yang penuh hikmah.

            Tażkirah Aulia Azwar, aku melengkapi nama itu dengan nama ku di ujungnya yang sudah include nama ku dan nama istri ku (Azwar Wardah), bila ditulis dengan bahasa Arab akan menjadiاولياء ازوار  تذكرة . Dewasa ini kebanyakan orang tua lebih suka yang praktis memberi nama anak berdasarkan hasil pencarian mereka di mesin pencari Google, tapi berbeda dengan ku, entah karena menyukai dunia perbukuan hingga anak pertama dan kedua ini – mungkin selanjutnya – ku beri nama yang ku ambil dari nama buku/kitab. Ketika nanti Allah mengaruniai dan mengamanahkan kepada kami anak lagi dan lagi, aku tetap menyelaraskan nama-nama mereka dari nama-nama kitab terutama – kesukaan ku – kitab-kitab Tasawuf.  


            Alhamdulillah, pada 23 Mei lalu aku telah mengakikahkan putri kedua ku saat umurnya sudah 1 tahun 2 bulan, aku sangat senang, bahagia luar biasa, ditambah dengan kehadiran beberapa personil Hijazy Sholawat. Betapa tidak, aku merasa acara akikah putri kedua ku terberkahi dengan lantunan-lantunan selawat yang mereka senandungkan. Aku merasa bersyukur sekali kepada Allah Rabbul Jalīl dan berharap ada kejutan lagi dan lagi nantinya, Aamiin.        

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar