Jumat, 20 Oktober 2017

Santri Ciamis Amazing

Jarak Ciamis - Jakarta enggak dekat, butuh 8 jam jarak tempuh dengan menggunakan jalan arteri dan 5 jam 20 menit via tol Cipali dan jalur pantura (tol Jakarta - Cikampek) menggunakan MOBIL. Tapi, santriwan/wati Pesantren Miftahul Huda 2 Bayasari, Jatinegara, Ciamis - Jawa Barat BERJALAN KAKI, tak terbayangkan butuh berapa jam untuk sampai ke Silang Monas? pantas saja disebut di bagian depan judul Aksi Gila. Aksi gila bukan berkonotasi negatif, namun memiliki arti AMAZING.
Sesekali aku merasa tak sanggup membaca tulisan K.H. Nonop Hanafi (pimpinan pesantren Miftahul Huda 2 dan penggagas aksi jalan kaki Ciamis - Jakarta) ini, karena mata ku berkaca-kaca ketika larut dalam isi cerita, jika ku lepas mungkin air bening yang menunjukkan rasa haru ini tak terbendung, membasahi taplak meja mengajar ku, mengalir deras bak pecahnya bendungan sungai Gangga di Film Mohenjo Daro. Tapi aku merasa malu jika itu sampai terjadi, aku tak mau membuat murid bertanya - tanya, 'kenapa bapak tiba-tiba nangis sesenggukan?'.

Semangat JIHAD mereka dalam membela agama Allah ketika Alquran dinista yang membuat aku haru, bangga, salut, dan merasa diri ku sangat kerdil dengan keimanan ku yang tak seberapa. Jalan yang mereka lalui enggak seluruhnya mulus, tapi terjal, naik-turun, sesekali gelap karena melalui jalan sepi penduduk, hingga hujan deras mereka sanggup, ketika ditanya oleh kiai Nonop, 'apakah berhenti sampai di sini?' Mereka jawab, 'lanjuuuuuttt' dengan alasan Nabi S.a.w. saja berjihad safar dari Mekkah ke Madinah dibayang-bayangi musuh, karena itu lh mereka rela tanpa paksaan. Ditambah lagi, setiap masuk daerah perkampungan mereka disambut riuh oleh masyarakat yang rela menunggu kedatangan mereka dari siang, memberikan mereka semangat, panganan, air mineral hingga membantu seksi medis dari penggelar aksi mengurutkan badan mereka yang kelelahan dan mengobati luka lecet di kaki. Ah, sudah lah, akupun menuliskan kembali merasa tak sanggup, baca saja buku 212 nya ya kalo mau.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar