Senin, 29 Februari 2016

Belajar Ngaji Tak Pandang Umur

Konsep Long Life Education yang sudah familiar kita dengar itu tak hanya terlahir dari barat, jauh sebelum barat, Islam telah lebih dahulu mengajarkan umatnya agar belajar sepanjang hayat. Sebagaimana yang dikatakan Baginda Rasul saw: 

أُطْلُبُوا الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ اِلىَ اللَّهْدِ

Artinya: "Tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang lahat" 

Hadits di atas memang harus kita terapkan di dalam kehidupan sehari-hari mengingat waktu hidup kita yang terbatas mesti diisi dengan ilmu dan ibadah kepada-Nya. Seperti pada gambar di bawah ini, seorang nenek semangat kali belajar ngajinya hingga 2 lembar setiap kali ngaji, walau tertatih tapi semangatnya mampu mendobrak kebosanan.
Di hadits lain juga disebutkan kalo kita belajar ngaji dan salah dapat pahala 1, kalo benar dapat pahala 2. Dapat pahala 1 hematku itu ganjaran atas kesungguhan mengaji, kalo dapat pahala 2 ganjaran kesungguhan plus benarnya (bacaan, harokat, tajwid dan fasohah) mengaji. Itu baru pahala benar-salah, belum lagi pahala di setiap hurupnya. Masya Allah sungguh Allah Maha Perhitungan setiap ganjaran.
Akan lebih afdhol bila di rumah kita senantiasa terdengar suara mengaji seperti yang pernah baginda Rasul saw katakan: "Hiasilah rumah kalian dengan bacaan Qur'an". 
Wallahu A'lam bishshowab..
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar