Selasa, 04 Juni 2013

Keunikan Asal- Muasal Nama Medan

Kota Medan adalah sebuah kota yang pernah menjadi Ibukota RIS (Republik Indonesia Serikat)/ NST (Negara Sumatera Timur) sekitaran tahun 1948. Keunikan- keunikan yang beragam ada dikota ini mulai dari suku yakni suku Karo, Mandailing dan Melayu yang asli suku pribumi sedangkan selainnya adalah pendatang serta beberapa etnis seperti  tionghoa,  hindu dan arab. Salah satu yang menjadi keunikan bagi saya pribadi adalah banyak dugaan yang menyebutkan asal kata dari nama kota ini yakni kata "Medan":

1.     Kampung medan dulunya belantara tanah datar/ tanah lapang yang dijadikan tempat/ Medan peperangan antara kerajaan Aru, Aceh, kontra Portugis dan Johor, jadilah ia berasal dari kata Medan Peperangan yang dipersingkat Medan.

2.    Kata Medan berasal dari kata "Maiden" yang berarti tanah datar, merupakan bahasa hindustan karena kata tersebut berasal dari sultan deli yang pertama Tuanku Zulqarni Bahatsid Segh Matarruludin, karena disesuaikan dengan logat orang melayu jadilah namanya Medan.

3.    Kata Puak Karo yang memang penduduk asli daerah Deli, Kota Medan berasal dari bahasa Karo yang berbunyi "Maden" yang berarti sembuh karena ceritanya  dulu dipinggir Sungai Deli dan Babura banyak orang yang menderita Lepra dan sembuh sehingga kata Maden (sembuh) tersebut berubah menjadi Medan.

4.    Ada cerita lain lagi, asal kata Medan itu dari kata MEJAN= Patung Kayu. Menurut cerita itu turunan dari Ompu ni Urung Huta, ada membuat mejan di kota Medan dan lama- lama patungkayu itu lapuk dan lenyap, dari Mejan itulah asalnya nama Medan.

Tapi besar dugaan umum pendapat yang pertamalah yang diakui yaitu  tanah lapang yang dijadikan tempat/ Medan peperangan antara kerajaan Aru, Aceh, kontra Portugis dan Johor, jadilah ia berasal dari kata Medan Peperangan yang dipersingkat Medan. Mana yang betul asal usulnya terserah kepada anda para pembaca.

Sumber: Dada Meuraxa- Sejarah Kebudayaan Suku- suku di Sumatera Utara

2 komentar: