Selasa, 03 November 2020

Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa Lewat PORSENI

Siswa, di dalam diri mereka terdapat minat dan bakat yang mesti dikembangkan oleh pendidik dan institusi serta libatkan orang tua maupun lingkungan. Minat adalah perhatian yang mengandung unsur-unsur perasaan. Minat merupakan dorongan atau keinginan dalam diri seseorang pada objek tertentu. Dalam proses pendidikan dan pembelajaran siswa memiliki minat masing-masing. Ada yang berminat di bidang sains, sosial, musik, seni, agama, dan lainnya. Minat ini perlu sekali dikembangkan sehingga akan meningkatkan kemajuan belajar siswa. Oleh karenanya kegiatan pembelajaran akan terasa enjoy dan lebih kondusif serta tujuan pembelajaran pun akan lebih mudah tercapai.

            Beberapa ahli juga mengadakan penelitian tentang minat siswa sehingga hasil dari penelitian tersebut diimplementasikan banyak institusi pendidikan dunia. Sebut saja sebagai contohnya di Amerika, siswa diberikan pilihan mau masuk kelas mana saja yang mereka minati, mereka tidak menjalani pembelajaran secara terpaksa sebagai mana yang terjadi di negara kita. Bukan tidak baik sistem pembelajaran di negara kita, hanya saja sebagai perbandingan atau pembanding dalam hal menggali setiap minat siswa sehingga tujuan pembelajaran pun akan lebih mudah tercapai.

            Sementara bakat menurut Frank S. Freeman adalah suatu kombinasi indikasi karakteristik suatu kapasitas individu untuk menguasai (detraining) beberapa pengetahuan, keterampilan, atau sekumpulan respon terorganisir tertentu, seperti kemampuan untuk berbicara dalam bahasa tertentu, menjadi musikus, dan melakukan pekerjaan mekanik (Nini Sri Wahyuni, 2011: 7). Bakat juga bisa menjadi penentu siswa untuk menentukan langkah selanjutnya di dalam pendidikan. Bakat merupakan kemampuan bawaan seseorang sejak lahir dan bakat setiap orang tidaklah sama. Untuk itu tugas pendidik dan institusi serta libatkan orang tua maupun lingkungan untuk mengetahui kemudian mengembangkannya agar siswa lebih mudah menentukan arah bakatnya menjadi lebih baik.

            Walaupun di negara kita belum bisa mengikut sebagaimana sistem yang diimplementasikan oleh negara maju seperti Amerika dalam hal pengembangan minat dan bakat seperti saya sebutkan di atas, paling tidak kita masih punya program kegiatan PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni) yang diselenggarakan pada tiap tahun. Dari PORSENI ini lah kita bisa tahu arah minat dan bakat siswa sehingga lebih mudah untuk dikembangkan. Ada siswa yang suka di bidang fisik yakni olahraga, ada siswa yang cenderung ke bagian seni, dan ada pula siswa yang berpotensi cakap dalam bidang keagamaan. Lagi-lagi dengan adanya diadakan PORSENI tingkat madrasah atau antar madrasah baik, Ibtidaiyah, Tsanawiyah, maupun Aliyah minat dan bakat siswa bisa lebih terarah untuk dikembangkan sehingga hakikat dari   tujuan pembelajaran pun akan lebih mudah tercapai. Wallāhu a’lam biṣṣawāb.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar