Sabtu, 20 Oktober 2018

Antologi Perdana Ku: Baca Tulis Alquran

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Tiada untaian kata yang paling patut diucap melainkan ungkapan rasa syukur kami haturkan kehadirat Allah Jalla wa ‘Alā yang atas rida dan rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan penulisan buku yang sederhana ini dan telah sampai ke tangan adik-adik sekalian. Selanjutnya, selawat serta salam senantiasa tercurah keharibaan junjungan alam Nabi besar Muhammad Saw. yang melalui beliaulah risalah-risalah Alquran sampai kepada kita umat akhir zaman.
Penulisan buku ini terlahir dari kegelisahan kami para pendidik mendapati cukup banyak anak-anak atau adik-adik kita yang kesulitan dalam baca dan tulis Alquran. Oleh karena itu, menjadi tugas kami sebagai pendidik untuk menorehkannya ke dalam buku yang berjudul, “Baca Tulis Al-Qur’an”. Semoga bermanfaat bagi adik-adik sekalian. Aaammiiin.
Kami berterima kasih sekali kepada pihak penerbit yang telah berkenan menjadi mitra untuk penulisan buku ini, patut diberi apresiasi karena tanpa campur tangan pihak penerbit buku ini hanya sebuah naskah yang mangkrak di komputer kami atau hanya sebatas sekumpulan ide-ide yang teronggok di benak-benak kami. 
Buku ini kami persembahkan untuk masing-masing kedua orang tua kami, bapak Amien Rais dan ibu Maryana S J, bapak Alm. Muhammad Saleh dan ibu Ummi Salamah, bapak Imami Isa Najib Hasibuan dan ibu Junismawati Kotto. Guru-guru ngaji kami, guru tilawah kami, dan guru     Qiraat Sab’ah kami serta orang-orang yang mensupport kami dalam penulisan ini yang tak bisa kami sebutkan satu persatu di dalam sepatah dua patah kata pengantar ini.
Tentunya buku ini barangkali masih terdapat kesilapan dari kami sebagai penulis, sungguh menjadi harapan kami kepada para pembaca sekalian untuk dapat memberikan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan buku ini ke depannya. Kami merasa yakin seraya mengucapkan basmalah buku ini dapat bermanfaat bagi adik-adik, putera-puteri bapak ibu sekalian dan menjadi jembatan memudahkan mereka dalam baca tulis alquran. Aaammiiin.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Medan, Maret 2018
   Azwar, Roni, dan Ummi

Baca Tulis Al-Quran adalah sebuah buku sederhana yang dapat menjembatani anak-anak, adik-adik, dan putera-puteri bapak ibu sekalian dalam membaca Alquran dan menuliskannya. 



Pada BTA Kelas 1 ini mengenalkan adik-adik dan putera-puteri anda dengan huruf Hijaiyah dan mengetahui  cara membaca huruf hijaiyah berbaris fatḥah, kasrah, dan ḍammah.
Tak sampai disitu, buku ini juga memperkenalkan anak-anak, adik-adik, dan putera-puteri bapak ibu sekalian kepada contoh-contoh bacaan huruf Hijaiyah berbaris fatḥah, kasrah, dan ḍammah beserta latihan. 



Sedangkan, untuk yang kelas 2 mereka dapat mengenal dan mengetahui bentuk asal huruf hijaiyah, bentuk perubahan dan pertambahan bentuk ketika disambung satu sama lain, dan ketika huruf-huruf hijaiyah tersebut berada di awal, di tengah, dan di akhir kalimat (kata).
Kemudian, buku ini juga memperkenalkan anak-anak, adik-adik, dan putera-puteri bapak ibu sekalian kepada tanda baca sukun dan tasydid beserta contoh dan latihan, tanda baca tanwin beserta contoh dan latihan, dan bacaan panjang (harakat/mad) beserta contoh dan latihan.


Sementara, pada BTA kelas 3 adik-adik diajak untuk mengenal dan mengetahui  cara menyambung huruf hijaiyah, bunyi bacaan sesuai makhraj, dan juga memperkenalkan anak-anak, adik-adik, dan putera-puteri bapak ibu sekalian kepada bacaan panjang atau biasa disebut mad dan Lam Jalalah beserta contoh dan latihan. 


Sementara, pada BTA kelas 4 adik-adik diajak untuk mengenal dan mengetahui bacaan panjang (mad) asli dan mad far'i (mad layyin, mad tamkin, dan mad silah tawilah, hukum nun sukun atau tanwin dan wajabal ghunnah serta juga memperkenalkan anak-anak, adik-adik, dan putera-puteri bapak ibu sekalian kepada nun wasal beserta contoh dan latihan  


Selanjutnya, pada BTA kelas 5 adik-adik dapat mengenal dan mengetahui hukum bacaan nun mati atau tanwin, bacaan Ikhfā dan hukum bacaan Iqlāb serta memperkenalkan anak-anak, adik-adik, dan putera-puteri bapak ibu sekalian kepada hukum baca Lam dan Ra (Tafkhīm dan Tarqīq) dan macam-macam Idgām serta macam-macam bacaan Mād.


 Terakhir, untuk BTA kelas 6 adik-adik dikenalkan dengan hukum Mād Aṣli/Ṭabi’i dan Mād Far’i, bacaan Izhar Syafawi, Ikhfā Syafawi dan hukum bacaan Idgam Mutamāṡilain serta memperkenalkan anak-anak, adik-adik, dan putera-puteri bapak ibu sekalian kepada tanda-tanda dan macam-macam waqaf, Mād Lazim Muṡaqqal Kilmi,  Mād Lazim  Mukhaffaf Kilmi, Mād Lazim Mukhaffaf Ḥarfi, dan Mād Lazim Ḥarfi Musyba’

Buku ini pula, menjadi semakin lengkap karena contoh-contoh kata yang dituliskan mudah diingat dan dibaca serta familiar di  telinga anak-anak anda. Disajikan pula surah-surah pendek pilihan yang umum menjadi hafalan ditingkat sekolah dasar dan sebagai penutupnya penulis juga melengkapinya dengan doa khatam Alquran. Semoga memperoleh keberkahan. aaammiiin.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar