Sabtu, 26 April 2014

Ngetrip ke Berhala



Berhala Island merupakan pulau terluar wilayah NKRI, pulau ini berada di kawasan kabupaten serdang bedagai, berjarak dengan perbatasan indo-malay 3 jam, sedangkan jarak berhala ke malay berkisar perjalanan 6 jam. Diceritakan oleh marinir setempat bahwa sekitar tahun 2000-an pulau itu nyaris di duduki malay maka dengan itu TNI-AL menjaga pulau itu dan kedua pulau terluar lainnya di wilayah pulau sumatera. 

Konon mitos pulau itu bernama berhala ada hubungannya denga sebuah keluarga yang tinggal di perbukitan daerah Lau Mentar. Sebuah lembah yang indah di daerah pelosok Kab. Deli Serdang tepatnya di Desa Rumah Liang. Diceritakan bahwa seorang anak dari sebuah keluarga kecil itu hidup bersama seorang ibunya, dan anak itu kepingin sekali melihat alam luar hingga anak itu pergi diam-diam dengan murka ibunya yang gak memberi ijin hingga jadilah nama pulau itu berhala karena anak tersebut durahka meninggalkan ibunya seorang diri. Tapi gak tau pasti kebenaran cerita rakyat itu dan apa pula hubungannya kedurhakaan anak itu dengan nama pulau itu (Berhala).
Jarak tempuh dari dermaga Tanjung Beringin ke Berhala berkisar 5 jam dengan menaiki perahu nelayan. Hingga kini walau animo para penggila jalan-jalan banyak yang tertarik dengan pulau itu namun belum ada transport resmi dari pemerintah kabupaten itu dan kurangnya perhatian pemerintah setempat demi kelangsungan wisata bahari tersebut.
Keberangkatan kemarin kami bergabung dengan biro perjalanan yang di manajemeni adek-adek mahasiswa IAIN, dari angkutan Medan-Sergai PP, kapal PP Tj. Beringin-Berhala, penginapan di asrama marinir, makan 5 x selama 2 hari satu malam, administrasi masuk pulau, kesemuanya hanya merogoh kocek 365 rb. Kami hanya bawa diri dan baju ganti serta apa yg perlu di bawa saja, ingat sob bawa obat-obatan juga ya.. itung- itung jaga- jaga.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar