Buku ini merupakan hasil penelitian
penulis yang di dalamnya membahas tentang pemanfaatan catatan anekdot oleh guru
BK dalam memahami permasalahan siswa. Seorang guru BK memiliki fungsi sebagai seorang
pendidik yang bertanggung-jawab memberikan bimbingan dan bantuan kepada siswa
untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya seoptimal mungkin, agar
siswa dapat mencapai kesejahteraan hidupnya.
Dalam segi psikologis, seorang guru BK akan dapat mengambil
tindakan yang bijaksana jika ia telah cukup dewasa sisi psikologisnya yaitu
adanya kemantapan atau kestabilan di dalamnya terutama pada segi emosi – di
luar dari ia juga harus mempunyai pengetahuan yang cukup luas, baik segi teori
maupun segi praktik.
Di akhir tulisan dijelaskan tentang hasil temuan penelitian dan pembahasannya yang memuat tentang peranan kepala sekolah terhadap bimbingan dan konseling di sekolah, dukungan kegiatan bimbingan konseling, keadaan guru BK, pemanfaatan instrumen bimbingan konseling, masalah yang menjadi fokus pembahasan, penerapan catatan anekdot dalam memahami permasalahan siswa dan perubahan pada diri siswa, kerja sama pemanfaatan catatan anekdot, guru bidang studi memanfaatkan catatan anekdot, masalah siswa, sikap guru BK, dan layanan yang diberikan guru BK. Insya Allah dapat memberikan manfaat. Aamiin.