وَأمَّا التَّرْبِيَةُ وَالتَّعْلِيْمُ فِي الْاِسْلَامِ
فَكَانَتْ تَرْمِي ِاِلٰي هَدَفٍ مَزْدُوْجٍ: وَهُوَ سَعَادَةُ المرْءِ فِي الدُّنْياَ
وَالْاَخِرَةِ، فَاِنَّهَا سَمَحَتْ لِلْفَرْدِ بِالتَّنَعُمِ فِي الدُّنْيَا وَالْعَمَلِ
لِلْحَيَاتِ الْاَخِرَةِ.
فَقَدْ دَعَي الْاِسْلَامُ
اِلَي الصِّدْقِ فِي الْقَوْلِ وَالْاِخْلَاصِ فِيْ الْعَمَلِ، وَالْاِسْتِقَامَةِ
فِيْ السُّلُوْكِ، وَاِلَي الرُّجُوْلَةِ وَضَبْطِ النَّفْسِ وَاِلَي التَّعَاوُنِ
وَالْبَذْلِ وَالْمُفَادَاةِ، كَمَا مُجِدُ الْحُرِّيَةِ وَالْمُسَاوَةِ، فَعَاشَتْ
اَلْاُمَّةُ الْاِسْلَامِيَّة ُكَرِيْمَةُ مَرْهُوْبَةُ الْجَانِبِ مَحَبَّةٌ لِلنِّظَامِ
تَعْمَلْ اِذَا دُعِيَتْ لِلْعَمَلِ، وَتَبْذُلُ الْغَالِيْ وَالرَّخِيْصُ اِذَا اُرِيْدَ
مِنْهَا الْبَذْلُ وَالْمُفَادَاةُ.
وَلِلْقُرْاٰنِ
الْكَرِيْمِ الْفَضْلُ الْاَكْبَرُ فِيْ اِنْتِشَارِ التَّعْلِيْمِ وَتَهْذِيْبِ بَيْنَ
الْعَرَبِ وَالْمُسْلِمِيْنَ، فَقَدْ تَنَاوَلَ الْاَخْلَاقُ وَالْمَزَايَا اَلشَّرِيْفَةُ،
وَحُدِّدَ عَلَاقَةُ الْفَرْدِ بِالْعَاءِلَةِ، وَوُضِعَ لِلْمَرْأَةِ حُقُوْقًا وَوَاجِبَاتٍ،
وَحَضَّ عَلَي تَعَلُّمِ الْعِلمِ، وَصَارَ الْقُرْاٰنُ الْعَظِيْمُ اَصْلُ التَّعْلِيْمِ
فِيْ الْعَالِمِ الْاِسْلَامِيْ، وَاخْتَلَفَ الْمُسْلِمُوْنَ فِيْ اَقْطَارِهِمْ فِيْ
طَرْقِ تَعْلِيْمِ الْقُرْاٰنِ لِلْوِلْدَانِ بِاِخْتِلَافِهِمْ
وَاتَّخَذَ رَسُوْلُ
اللّٰهِ صَلْعَمْ اَلْمَسْجِدَ لِلدِّرَاسَةِ، وَاسْتَمَرَّ الْمَسْجِدُ مَكَانًا لِتَعْلِيْمِ
الْقُرْاٰنِ وَالْحَدِيْثِ، وَلِلْقِصَاصِ يَعُظُّوْنَ، وَالْفُقَهَاءُ يُعَلِّمُوْنَ
الْفِقْهَ مُدَّةَ الْعَهْدِ الْاُمَوِيْ، وَكَانَ مَسْجِدُ الْبَصْرَةُ مَرْكَزًا
لِحَرْكَةِ عِلْمِيَةٍ كَبِيْرَةٍ فِيْ الْعَهْدِ الْاُمَوِيْ، فَحَوَّلَ الْحَسَنُ
الْبَصْرِيْ، وَفِيْ حَلَقَتِهِ، نَشْأَتِ الْمَبَاحِثُ الْكَلَامِيَّةُ، وَاعْتَزَلَ
وَاصِلْ بْنُ عَطَاءٍ حَلَقَةُ الْحَسَنِ، وَكَوَّنَ لَهُ حَلَقَةً، بَلْ كَانَ هُنَاكَ
بِجَانِبِ حَلَقَاتِ عُلُوْمِ الدِّيْنِ حَلَقَاتٌ لِعُلُوْمِ الْعَرَبِيَةِ.
وَكَانَ التَّعْلِيْمُ
فِيْ الْعَصْرِ الْعَبَّاسِيْ الْاَوَّلُ فِيْ مَعَاهِدِ، مِنْهَا اَلْكُتَّابُ وَالْجَمْعُ
الْكتَّاتِيْبُ، وَالْمُكَاتِبُ لِتَعْلِيْمِ مَبَادِيءِ الْقِرَاءَةِ وَالْكِتَابَةِ
وَالْقُرْاٰنِ، وَبَعْضُهَا كَانَ يُعَلِّمُ فِيْهِ اَيْضًا اَللُّغَةَ وَمَا اِلَيْهَا
مِنْ نَحْوِ وَعَرُوْضِ. وَكَانَ بَعْضُ الْمُعَلِّمِيْنَ يُعَلِّمُوْنَ فِيْهَا حَسْبَةُ
وَلَا يَأْخُذُوْنَ عَلَي تَعْلِيْمِهِمْ اَجْرًا، وَكَانَ بَعْضُهُمْ يَأْخُذُ اَجْرًا،
وَمِنْ هٰوءُلَاءِ مَنْ كَانَ يَأْخُذُ خُبْزًا مِنَ الصَّبْيَانِ، وَكَانَ فِيْ الْكُتَّابِ
ضَرْبٌ وَحَبْسٌ.
وَمِنْ مَعَاهِدِ
التَّعْلِيْمِ فِيْ هٰذَا الْعَصْرِ اَلْمَسْجِدُ حَيْثُ تَنَوَعَتْ حَلَقَاتُ الدُّرُوْسِ
فِيْهَا، فَكَانَتْ حَلَقَاتٌ يَدْرُسُ فِيْهَا النَّحْوَ وَعِلْمَ الْكَلَامِ. وَحَلَقَاتُ
يُنْشِدُ فِيْهَا الشُّعَرَاءَ وَيَنْقُدُ. وَيَقْرَوءُ فِيْهَا الْاَدَبُ. وَعَلَي
الْجُمْلَةِ فَقَدْ كَانَ الْمَسْجِدُ أَهَمَّ مَعْهَدِ لِلتَّعْلِيْمِ وَالتَّثَقَّفِ.
Adapun tarbiyah dan ta’lim dalam
Islam, adalah ditujukan kepada tujuan ganda: yaitu kebahagiaan seseorang di
dunia dan di akhirat, maka sesungguhnya hal itu memudahkan bagi diri sendiri
dengan kemudahan hidup di dunia dan beramal untuk kehidupan akhirat.
Sungguh dalam Islam
mengajak jujur dalam perkataan dan ikhlas dalam beramal. Dan keistiqomahan
dalam pendirian, dan kepada keberanian dan kekuatan jiwa, menolong, memberi, dan
(berbuat suatu) yang berfaedah, sebagaimana kemuliaan, kebebasan dan
kesetaraan, maka posisi umat Islam mulia bermartabat sisi dicintai bagi
peraturan, melaksanakan apabila diajak untuk beramal, dan memberikan kemurahan apabila dimaksudkan darinya memberi faedah.
Alquranul karim itu merupakan karunia terbesar dalam perkembangan ta’lim dan tahzib
(kesopanan) dikalangan orang Arab dan orang muslim, maka menangani akhlak dan (memberi)
manfaat terhormat, dan pilihan hubungan pribadi, dan ditempatkan bagi seseorang kebenaran dan
kewajiban, dan atas pengajaran ilmu, dan bentuk Alquran yang agung dasar ajaran dalam ilmu-ilmu
keislaman, Muslim di negara mereka sendiri berbeda dalam cara mengajar Alquran bagi anak-anak
mereka dengan perbedaan mereka .
Dan Rasulullah saw menjadikan
mesjid sebagai madrasah dan tetap sebagai tempat mengajarkan Quran dan hadis,
dan kisah-kisah mendidik, dan para fakih mengajarkan fikih sampai masa Umawiyah,
dan adapun Mesjid Basrah sebagai markas
untuk memprakarsai pekerjaan yang besar pada masa Umawiyah, lalu Hasan Basri pindah, dan pada
halaqahnya, terbit pembahasan ilmu kalam, dan washil Ibn
‘Atho’ melarang halaqah Hasan, dan menjadikan halaqah baginya, yg berada disamping halaqah-halaqah ilmu agama dan halaqah-halaqah
ilmu Arab.
Adapun ta’lim pada masa Abbasiyah adalah di ma’had, diantaranya kuttab- kuttab, dan
di kuttab sebagai tempat awal mengajarkan membaca kitab-kitab dan Quran, dan sebagiannya
juga mengajarkan Ilmu Bahasa seperti Ilmu Nahwu dan Ilmu Arudh. Dan adapun sebagian para
pengajar mengajarkan ilmu berhitung dan tidak mengambil upah dari apa yang mereka ajarkan,
dan sebagian lain mengambil upah, dan dari mereka hanya menerima roti dari anak-anak, dan
dalam kuttab ia dipukuli dan dipenjarakan.
Dan
dari ma’had pendidikan masa kini mesjid dimana bervariasi halaqah pendidikan di
dalamnya, dan juga halaqah yang mempelajari Ilmu Nahwu dan Ilmu Kalam. Dan
halaqah nasyid di dalamnya belajar syair- syair dan mengkritik, dan literatur
bacaan. Dan atas jumlah (konklusi) sesungguhnya mesjid adalah lembaga
terpenting untuk pendidikan dan kebudayaan.
Sumber:
Umar Ridho Kihhalah, 1973. Dirasat
Ijtimaiyat fii al- Ushuri al-Islamiyati. Damaskus: Al-Mathba’ah
al-Ta’awuniyah, h. 38.