Minggu, 03 Januari 2016

Doa Masuk WC Etika Ber-Tuhan

Pernah ku dengar cerita bahwa prof. A mengatakan, "apa sih pentingnya dalam Islam sampek masuk wc pun harus baca doa." ditanggapi sama prof. B, "penting kalipun pak, karena Kuasa Tuhan itu meliputi semesta raya, dan manusia merupakan mikrokosmos dari semesta raya ini yang tak luput dari genggaman Kuasa Tuhan, termasuk pas masuk wc, tak ada kuasa manusia menentukan dia bisa berak atau gak, doa ketika masuk wc sebagai bentuk etika manusia kepada Tuhannya akan kepapaan manusia terhadap aktivitas perutnya. Cobalah bapak sekarang paksakan berak, bisa gak?". Prof. A hanya menggeleng. "Nah, itu. Makanya, BAB atau BAK dan tidak BAB dan BAK nya manusia di dalam Islam penting baca doa sebelum masuk wc, karena yang seperti yang saya bilang tadi." lanjut prof. B mengulangi untuk meyakinkan prof. A.
Aku gak tau apakah dari pembicaraan kedua prof tersebut hanya cakap-cakap biasa atau prof. A tidak tahu pentingnya membaca doa ketika hendak masuk wc, atau hanya pura-pura gak tau dan bermaksud mengetes temannya si prof. B. Yang jelas itu baru ku rasakan pas tadi perut ku mulas masuk wc tanpa baca doa terlebih dahulu karena kelupaan ku, ku pikir setiap mulas pasti berak, ternyata tak mau keluar. Jadi sewaktu sholat terasa perut ku berputar lagi, seketika itu lah aku sadar kalo aku tak baca doa sewaktu masuk wc, aku melupakan kuasa Tuhan dan menganggap mulas ku tadi pertanda mau berak.
Aku bukan lah seorang yang faqih, namun yang ku tau kalo kita sesak BAB atau BAK pas waktu sholat, makruh hukumnya menahannya. Tapi bila ku batalkan sholat dan pergi ke WC, aku tak akan dapat sunnah sujud sajadah di subuh jum'at yang berkah ini, lalu dalam sholat ku, selain mendengar bacaaan imam aku pasrah dan berdoa dalam hati, 'ya Tuhan, Engkau lah yang Punya Kuasa atas perut hamba, maka tunda lah dan hentikan lah mulas ku, hamba menyayangkan bila tak dapat sujud sajadah ini ya Rabb'. Dan, alhamdulillah sewaktu mau turun sujud sajadah mulas ku hilang atas Kuasa-nya dan sehabis sholat mulas ku kembali datang, lalu masuk kamar mandi dengan kaki kiri seraya membaca doa masuk wc, pups (berak) ku pun keluar.
Bacaan doa masuk WC
Artinya: "Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung (kepada-Mu) dari kejahatan dan kotoran."

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar