Jumat, 11 Juli 2014

Marjohan, M.Pd: Kisah Dahsyat Guru Berprestasi Selangit

Kisah Dahsyat Guru Berprestasi Selangit  

Oleh : Marjohan MPd 
Harga : Rp. 32000 
Ukuran : 14x20cm 
Tebal : 188 hlm 
Terbit : April 2013 
Penerbit : DIVA Press

Marjohan, M.Pd. adalah Guru SMA Negeri 3 Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, sekaligus peraih juara satu Guru Berprestasi Tingkat Nasional Kategori Guru SMA tahun 2012. Bukan hanya itu saja di tahun sebelumnya beliau juga meraih peringkat satu di tingkat Provinsi Sumatera Barat, dari situlah estafet prestasinya di mulai hingga menghantarkannya ke panggung nasional kantor Kemendikbud di Jakarta.

Satu prinsip mengajar yang tak bisa ku lupakan darinya yang menjadi mottonya yaitu, "terimalah karakter anak didik apa adanya". Jujur saja secara pribadi aku cukup terkejut dengan motto yang beliau punya, kenapa? karena sebagai guru yang baru seumur jagung mengajar kata-kata tersebut jauh dengan apa yang selama ini aku lakukan dan apa yang ada di benak ku hanya berorientasi bahwa mengajar itu sebatas, penyaluran ilmu/informasi yang ku punya ku salurkan kepada peserta didik, mengayomi dan menjelaskan apa yang mereka belum mengerti tentang materi yang ku ajarkan tanpa menerima karakter anak didik apa adanya hingga terkadang akupun pernah jengkel, kesal dan marah dengan kenakalan mereka padahal kata beliau juga bahwa tidak ada anak didik yang nakal, yang ada hanyalah anak yang mengalami skin hunger atau yang membutuhkan sentuhan dan kehangatan hati seorang guru.

Buku ini merupakan sebuah kisah inspiratif yang sangat sarat dengan kata-kata hikmah darinya hingga akupun bingung mem-blog-hitamkan mana yang di anggap penting karena menurutku semuanya penting dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Setiap di dalam paraghrafnya terdapat solusi-solusi pengajaran terhadap anak didik yang beliau tinjau dari aspek psikologis. 

Aku menyarankan buku ini wajib dibaca bagi para pegiat pendidikan di seluruh nusantara, atau siapapun yang membutuhkan suntikan semangat dan membangkitkan gairah. Bercermin dari kisah-kisah inspiratif para tokoh maupun orang-orang hebat itu sangat penting.


Selamat membaca.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar